Selamat Datang di Blog Anak bangsa

Salam Cinta Tanah Air!!!

sudah saat nya kita bangkit mengisi kemerdekaan, Cinta tanah aiir dan bangsa adalah kunci dari mengejar ketertinggalan bangsa ini...

Wahai Generasi Muda Indonesia... Let's prepare to change our country.... !!




Senin, 02 Februari 2009

Fakta-fakta Bule yang tinggal di Indonesia

Kemarin saya buka-buka situs favorit saya, apalgi kalau bukan facebook, hehe... ya facebook saat ini lagi lagi booming, eitsss.... tapi bukan itu yang saya mau bahas kali ini, di situs persahabatan itu saya menemukan sebuah catatan yang sangat menarik dan bisa menggugah rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia,kenapa begitu?? karena catatan itu menceritakan fakta-fakta atau kelakuan bule yang ada di Indonesia berdasarkan pengamatan teman saya si Intan Petite (haha.. sorry tan, habis kecil sih ). Menariknya catatan itu menurut saya karena merupakan sisi lain dari apa yang suka dibangga-banggakan mereka (bule-red) selama ini terhadap adat dan budaya mereka. Stetelah baca catatan ini saya harap Anda bisa lebih bangga lagi menjadi menjadi orang Indonesia.... Amin.. :)

Thanks to Intan yang udah mau catatan ini di share ke teman2... hehe


The story begin

Enam tahun gue kerja disebuah diving center yang mana tiap hari ketemu bermacam-macam bule dari beberapa (berapa? ratusan!) negara diseluruh dunia. Dan ini fakta-fakta yang bisa gue catet selama enam tahun bergumul (anjrit!! koreksi: bekerjasama) dengan bule-bule itu ;

1. Banyak banget bule yang gatau nomor sepatunya sendiri !!! man.. u're wearing it all the time rite? yang ada kalo ditanya mereka bengong dan langsung ribet lepas sendal/sepatunya nyari-nyari nomor. UANNEHH..

2. Banyak dari mereka yang sebel kalo dicharge dengan US Dollar. whats the problem? kan enak mereka gausah repot-repot nyari money changer, konversi ke rupiah, etc. Karena barang2 yang dijual ditempat gue itu impor semua jadi harganya dollar dan mereka bener2 tau kalo barang2 itu gada di Indonesia. Jadi.. kenapa lo sewot bul???

3. Banyak dari bule2 cewe single yang hopeless bisa dapet cowo kalo mereka kelamaan di Indonesia. Why? gini kata mereka :
- cowo2 bule yang tinggal di Indonesia akan lebih memilih cewe Indonesia yang menurut mereka lebih cantik, mereka bosen liat kulit putih, dan kelakuan cewe bule yang susah diatur
- cowo2 bule itu banyak yang punya istri dinegara asal mereka, jadi mereka gamau punya hubungan serius, dan kalo cewe Indonesia itukan bisa pake sistem kontrak (malu gue mengakui kenyataan ini sebagai cewe Indonesia yang cantik dan menawan! oke rada maksa kalimat terakhirnya!)
- kalo cewe2 bule pacaran sama cowo Indonesia, mereka juga males, karena kalo lagi berantem si cowo ngga bisa mengimbangi ngamuk2nya si cewe karena keterbatasan bahasa, walopun si cowo cas cis cus tetep aja feelnya beda katanya (yaelah mo berantem aja kok repot??! tinggal lempar sendal, selesai.)

4. Bule cewe kalo kelamaan tinggal di Indonesia bisa diliat dari nilai tips yang mereka kasih. Berdasarkan fakta yang gue dapet dari Hair Salon yang ada di Hotel Kristal, bule2 yang baru pindah ke Indo kalo kasih tips 200rb, 1 taun kemudian turun jadi 100rb, 3 taun kemudian turun jadi 50rb, 5 taun dan seterusnya tips mereka cuma LIMA RIBU PERAK!! beuhh tips kecil itu sakit jendral!! goceng dapet ape bul??

5. Bule cowo kalo kelamaan tinggal di Indonesia bisa diliat dari makanan yang mereka makan.
Makan pagi masih tetep roti / yoghurt / sereal, makan siang langsung jomplang ke soto ayam atau tongseng, cemilan sore bukan lagi biscotti/chips tapi GORENGAN dan makan malem mereka biasanya 'ayam' (baca: pecun!! hihihii.. ;p).
Pernah liat bule ngamuk karena tukang sotomie pulang kampung kelamaan? gue pernah, kenapa? karena tuh bule tergila-gila sotomie.. fiuhh..
Pernah liat bule makan gorengan singkong pake nasi? gue pernah, kenapa? karena awalnya mereka pikir gorengan itu LAUK bukan cemilan. begitulah kalo bule sotoy!
Pernah liat bule makan bakso minumnya Bir Bintang? gue pernah, kenapa? karena se-betawi-betawinya tu bule mereka tetep ngga bisa hidup tanpa bir! jadilah mereka bule mabok yang kepedasan.. can you imagine that..??!
Yang bisa gue lakukan cuma bengong.. dan istighfar..

6. Para bule itu sebel banget sama polisi dan birokrasi di Indonesia. Disana mau bikin perusahaan cukup satu lembar dokumen, disini? bisa 20 lembar!! tangan mereka cantengan disuruh tandatangan puluhan kali!. Belom lagi sogokan sana sini. Ini yang susah banget gue cari argumen yang tepat ke mereka, malu2in sih tapi gue mau tetep bela negara gue dooong.. hahaha!
Fyi, kalo bule ditilang minimal 200ribu, jadi jangan sedih buat elo2 yang ditilang 50ribu, kita tetap harus bersyukur... lihatlah penderitaan bule-bule itu. hahahaha betapa pentingnya info ini..

7. Banyak banget bule yang mikir kalo masyarakat Indo itu bodoh, jadilah mereka sering petantang-petenteng, ngomel seenaknya, bla bla bla. Ciri2 resenya bule berdasarkan negara asalnya :
Australia, marah sama pelayanan yang lamban diikiiit aja dan ribet. Mereka ngomongnya cepet, kenceng, marahnya merepet tapi isinya ga berbobot, menandakan kebanyakan orang osterali itu banyak ngomong tapi kurang cerdas.

Amerika, marah sama pelayanan yang kalo ditanya ga bisa jelasin secara logis dan sistematis. Mereka bahasanya slank banget, selalu ngajak ngotot2an, tapi kebanyakan orang amerika itu cerdas, terbuka dan sangat apa adanya.

Inggris, Jerman, sangat rasis! tidak ada kata lain selain rasis. Jerman ngga terlalu kentara rasisnya tapi kalo Inggris sangat nyataaaa.. Jerman BT banget kalo diajak ngobrol soal Hitler. malu mengakui sejarah sepertinya, hehe.. Inggris itu premannya dunia, gausah deh terlalu formal sama orang Inggris karena mereka juga ngomongnya kacau balau, seenak udelnya aja.

Swedia, Finlandia, Belgia, Norwegia dan ia ia yang lain, marah kalo ga bisa kasih informasi sedetail mungkin. Dari awal sampe akhir, se-tetek bengek, se-upil2nya mesti dikasih tau dari awal. Tapi mereka adalah bule2 favorit gue, mereka sangat sopan, ramah, menyenangkan lah :) Lucunya mereka seneng banget kalo ketemu bangsa mereka sendiri disini, karena komunitas bangsa2 ini sangat sedikit disini jadi kalo kemana2 mereka selalu berusaha bareng2. hehe kaya anak TK..

Perancis, Itali, kelewat irit! resenya mereka selalu cari harga paling murah, udah dikasih yang paling murah minta diskon pula. bah orang apa pula mereka ini??! padahal gaji euro! gue rasa mereka jadi sangat2 hemat cenderung pelit karena uang mereka abis buat bayar pajak! hahaha makanya jangan bayar pajak lah kaya orang indonesia.. uupss. hihi ;p. Perancis itu yang paling pengen selalu dihormati, merasa mereka adalah bangsa paling elit didunia.. ga cihuy lu cis!

Jepang, marah kalo kita ngomongnya ga jelas, padahal harusnya kita yang marah secara kebanyakan orang jepang bahasa inggrisnya payah, apalagi bahasa indo, pronounce-nya payah, hotel jadi hoteru gimana mau konek ngobrolnya mas..??! waktu gue meeting di kedutaan Jepang gue sampe minta dipanggilin translater karena frustasi sama pronounce mereka.. huh!

Venezuela, doyan banget ngobrolllll... ampun dehh kalo diladenin bisa sejam cuma buat ngobrol ngalor ngidul doang.. jeung,ses eke ga dibayar buat temenin ngobrol kalee..

India, Madagascar, muka boleh mirip, daerah boleh deket, tapi Madagascar's people are soooo much better!!! ga perlu dijelasin lagi deh resenya India, lo ke Pasar Baru aja sana ko toko kain atau ke toko meubel di sepanjang jalan Fatmawati, mereka2 itu sama aja kok sama India yang jadi expat disini, udah bawaan nenek moyang kali yee..

8. Last but not least : bule itu bau bawang dan keju mentah !!!

PS: not to mention dont get closed to them, but be aware for some of them who cant treat you well. Jangan takut ngelawan kalo memang elo bener, jangan takut ngusir mereka kalo mereka ngga appreciate lo dan negara kita tercinta ini. hohoho.. cintailah Indonesia ini seburuk apapun, karena kalo dibanding2in negara kita ini jauh lebih baik. Percaya atau engga.

Well, mayan juga ya kalo dikumpulin fakta-fakta tentang mereka ini, ini bukan final lhoo cuma berdasarkan apa yang gue alamin, gada maksud untuk menjelekkan, hanya sekedar ngobrol2 siang sambil minum teh.. ;)
ada yang punya list sendiri? mari kita berbagi.. hehe..

Cheers,
Si yang jadi males punya cowo bule ;p



sumber :http://www.facebook.com/inbox/?ref=mb#/note.php?note_id=48228888074&ref=mf


13 komentar:

  1. Manusia tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan bule-bule yang temen lo udah ceritain. Dan satu hal yang pasti, kita tidak bisa menggeneralisasikan perilaku warga negara tertentu dengan sikap/sifat tertentu karena hal itu sangat tidak fair dan bahkan bisa menyerang kita sendiri. Sama halnya ketika kita membaca literatur atau koran atau opini di beberapa forum luar negeri yang BERBICARA BERDASARKAN DATA yang di dalamnya memuat GNP Indonesia, liputan-liputan korupsi, illegal logging, dan bahkan TKI-TKI kita yang walaupun di Luar Negeri menjadi pembantu, pekerja bangunan dll tetapi berjasa besar terhadap penambahan devisa negara, apakah kita mau di generalisasikan sebagai bangsa yang koruptor, perusak lingkungan, bangsa yang miskin dan korban globalisasi? tentunya tidak kan?

    inilah mindset orang Indonesia yang harus diubah. Mencintai negara Indonesia karena kita WNI menurut gw adalah kewajiban. Namun, Mencintai juga seharusnya tidak membuat kita buta terhadap kondisi Indonesia saat ini.

    ok Fahri.. nice article anyway.. keep writing ;)

    nonie

    BalasHapus
  2. Thanks... :)

    that's rite... bagus bgt non comment nya, hehe... jika kita mengatakan kalo kita cinta Indonesia sudah seharusnya lah kita tidak menup mata akan bobroknya Indonesia saat ini, dan mempersiapkan diri kita untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah... :)


    I love Indonesia!!!

    BalasHapus
  3. Febriany.. salam kenal n thx buat komennya ;)
    aku ngga men-generalisasikan berdasarkan negara ko.. ga se-sempit itu maksudku.. seperti yang aku bilang, itu based on pengalamanku, ie: sebagian besar Swedish yang aku temuin itu baik2 banget, tapi bukan berarti di Sweden gada orang jahat kaann.. begitu lhoo jeung.. :)

    lets be more positive and open minded! :D

    viva Indonesia! mmuaahh.. hahahaha..

    BalasHapus
  4. betul seakli jeng Intan, tulisan mu ini terlalu bagus untuk tidak disebarkan, sayang tan... mari kita bangkit dan cintai Indonesia...

    bangga menjadi orang Indonesia!!

    BalasHapus
  5. wah2.. tulisannya mantep ni..
    bule2 di Indonesia rata2 keliatanny gt y..
    tapi ini khan generalnya hhe, org Jerman jg banyak yg baik kok, apalagi Belanda.. walaupun dulu ngejajah kita, tapi mereka baik bgt ama org Indo..
    Yang jelas kita mesti bangga ama negara sendiri, mesti nunjukin keramahan dan kebaikan ama siapa aja. Tapi Kalo kita dilecehkan mesti berani ngelawan juga , :D

    BalasHapus
  6. iya mantep bgt, ini tulisan temen gw si intan, hehe... iya sih, yup tul bgt dil.. bangga lah jadi orang Indonesia.. :)

    BalasHapus
  7. Gue dulu sering pacaran sama cewek bule expat.Kasihan memang mereka, dicuekin sama cowok bule (yang lebih seneng berburu pecun Indo) tapi cowok-cowok Indo kurang agresif dan pede mengejar mereka. Padahal mereka ramah-ramah dan tidak matre lho.. ayo cowok Indo lebih agresif dong sama cewek bule.

    BalasHapus
  8. oh ya??? wah2.. masukan yang bagus dari bung adhi, haha... kalo gt mau cari cewe bule jg ah... mumpung teteangga depan kosan bule, wkkwwkkwkwk

    BalasHapus
  9. hi adhi boleh juga koment lo
    boleh juga tu di coba pacaran dgn cewek bulenya ada kenalan kenalin ke gw dong
    email aja ary_emeral@yahoo.com
    thanks ya bambang

    BalasHapus
  10. Setuju Banget 7 tahun ane tinggal di Inggris kgk betah gan,,,ciyyussss...ati" sama bule....

    BalasHapus
  11. dewi gracia osmond20 Juli 2013 13.49

    ga smua bule bgitu ato bgini. But cinta indonesia negeri asal muasal kita emang bener banget hukumnya(bener ga nih tata bahasanya?? xi xi xi)

    Emang rata2 org amerika sangat terbuka dan sangat apa adanya. masih ingat waktu pernikahan kami dulu suami minta keterangan seberapa biaya yg kami butuhkan untuk pesta pernikahan dan sebagainya tanpa rasa sungkan (maklum kita org jawa kaga biasa begitu se 'blak blak an" nya , nge charge calon mantu buat biaya kawin??/he he he jelas aja ortu kaget kaget. tapi ini jg penting ternyata dan semua nya happy dan lega)

    Bule jg macam2...ada yg suka just having fun, ada yg mau serius tapi....coba dulu(jangan deh....)tapi syukur...yg ini mau komitment dan selalu menjaga komitment, no sex before before marriage". So, girls/ladies kalo mo cari bule yg baik2 jg ada (sometime, be choosy is good)bule yg religius jg ada dan mrk ga mau lakukan "itu" sebelum janji perkawinan di depan altar.

    BalasHapus
  12. So maju teruz indonesia. .....pantang mundur........ciayooo. ......
    kita kaum muda mudi indonesia sudah saatny untuk tersadar dan bangkit....jangan terlena lagi.....dullu di jajah budanya...bisa bisa masa yang akan datang di jajah pula cintanya.so siap payung sebelum hujan.salam hangat buat muda mudi indonesia. Semuanyaaa. ..semangat.

    BalasHapus
  13. banyak orang Indo yang masih menganggap kalo kita sbg org Indo itu inferior dan Caucasian atau bule itu superior, padahal semua manusia itu sama. Skrg ajaudah banyak interacial marriage antara cowok asia sama cewek caucasia atau AMWF "Asian Male White Female" tapi di Indo jarang soalnya banyak cowok Indo kira cewek bule cuma mau sama cowok bule, itu sterotype yang media publikasi tapi sebenernya cewek bule jg suka cowok asia termasuk cowok indo. Salah satu contoh temen gw married ama cewek asal inggris. Skrg di Youtube banyak video ngebahas tentang AMWF Relationship.

    BalasHapus