Selamat Datang di Blog Anak bangsa

Salam Cinta Tanah Air!!!

sudah saat nya kita bangkit mengisi kemerdekaan, Cinta tanah aiir dan bangsa adalah kunci dari mengejar ketertinggalan bangsa ini...

Wahai Generasi Muda Indonesia... Let's prepare to change our country.... !!




Minggu, 15 Februari 2009

The Shocking and Fortunate Flight

kali ini gw pengen cerita salah satu pengalaman yang ga mungkin gw lupain dalam hidup gw, panik, kesel, marah dan bahagia gw rasain waktu itu, hahahha.....


sore hari bulan September 2007 gw siap-siap buat berangkat ke Palembang buat libur Lebaran, rasanya udah ga' sabar lagi buat ketemu keluarga dan berkumpul dengan teman-teman di kampung halaman. keasyikan beres-beres gw lupa kalo jam udah menunjukan pukul 4 sore "Anjrit... gw bisa telat nih", langsung aja gw minta tolong bapak kos gw untuk minta anterin ke blok M menuju terminal Damri bandara (makasih ya bapak kos... ), untunglah setibanya gw d Blok M bus Damri udah mau berangkat menuju bandara, jadi gw ga' nunggu lama-lama di dalem Bus, gw lirik jam tangan gw, wadowhhhh...... udah jam 17.15 WIB, gw agak was-was takut telat and ketinggalan pesawat.

"Alhamdulilah jalanan lancar" gumam gw dalam hati, apa yang terjadi saudara-saudara??? tiba-tiba bus yang semula lancar jadi pelan-pelan jalannya alias padat merayap, oh noooooooo... jalanan macet man!!,( saran buat kalian semua, kalo jalanan di jakarta tiba-tiba lancar jangan senag dulu coze bakal ada kemacetan yang menantimu) gw semakin panik, dan berdoa-doa dalam hati semoga nggak telat nyampe di bandara. Alhamdulillah doa anak bangsa ini terkabul, ga lama kemudian jalanan udah lancar kembali, coze gw berangkatnya hari minggu jadi jalanan di Ibu kota tercinta ini lumayan sepi.

muka panik gw kembali cerah ketika bus damri sudah masuk ke kawasan bandara, jam di tangan gw menunjukan pukul 18.20 WIB "wah pas banget nih" muka gw semakin cerah dengan hayalan yang udah melambung jauh sampe ke palembang, terbayang semua wajah-wajah keluarga gw, dan pemandangan indah kota Palembang dengan jembatan Ampera yang membelah sungai musi (promosi wisata niyeee...), langusng aja gw munuju tempat boarding pass buat check in, kok sepi ya dalam hati gw berkata jangan-jangan ada yang aneh nih, gw udah mulai mikir macem-macem alias negative thinking. "Mas mau check in ke Palembang" sambil memberikan tiket ke mas-mas penjaga tiket nya. "waduh mas, udah telat kita udah tutup" ujar mas-mas tukang tiket, tapi kan gw belum telat jelas-jelas di tiket, pesawat gw berangkat pukul 19.10 WIB. Gw berusaha menenangkan diri gw dan menjelaskan ke mas-mas tukang tiket itu kalo gw belum telat. "Mas.. silahkan urus tiketnya di bagian tiketing di belakang mas"sambil menunjuk ke arah belakang gw si tukang tiket yang menyebalkan itu memberi arahan. "kalo udah saya urus saya bisa berangkat?" saya balik bertanya, "iya" si tukang tiket menjawab seadannya.

gw urutan ke lima ngantri didepan loket bagian pengurusan tiket, satu orang dilayani lebih dari 10 menit, pas tiba gilirang gw si mas-mas penjaga loket bertubuh cungkring berwajah idiot bilang ke gw kalo gw udah telat. "mas mestinya ke sini dibawah jam 19.00 WIB, sekarang udah jam 19.00 WIB sambil melirik jam tanggan nya si mas cungkring berkata. Astafirullah al adzim.... gw berusaha sabar atas permainan mereka. Jelas aja gw telat coze antri nya lama padahal gw tadi udah nyampe ke bandara dibawah jam tujuh malem. berengsek!! gw memaki mereka dalam hati.

"mas ga' bisa berangkat hari ini karena telat, besok bisa berangkat tapi harus dikenakan biaya sebesar 75% dari harga tiket" ujar si cungkring dengan gaya bicara yang menyebalkan, rasanya mau gw tonjok-tonjok tuh orang. Gw tetep ga' terima karena gw ngrasa ga' telat jadi gw balik lagi ke bagian boarding pass. "mas saya ga' telat, tadi saya udah nyampe disini dibawah jam 7 kenapa saya disuruh ngurus tiket saya" gw protes ke penjaga tiket, sebelum protes gue ditanggepin oleh mas-mas tukang tiket, tiba-tiba seorang pria separuh baya memakai setelan jas hitam dan bawa tas koper dengan wajah angkuh menghampiri kami, penampilan dan gaya dari bapak tersebut terlihat seperti bussines man atau pejabat eselon I. Sambil menunjukan sebuah kartu mas-mas tukang tiket bertanya "berapa orang yang berangkat pak?" sebelum si bapak angkuh menjawab gw udah teriak-teriak duluan "dua mas dua..." dua maksudnya gw ama tuh bapak. Si bapak angkuh diem aja dan melirik gw dengan sinis mungkin dia pikir nih "siapa lagi nih orang sok kenal ama gw... gw kenal juga kagak".

Dengan ragu mas-mas penjaga tiket mengambil tiket gw dan disatukan ama tiket tuh bapak. gw digiring ke ruang excecutive lounge oleh mbak-mbak petugas bandara. "bapak silahkan tunggu lima menit ya" ujar si petugas bandara. Gw dan si bapak angkuh duduk berhadap-hadapan. Lalu dia mengeluarkan koran dan membacanya seakan-akan ga' peduli ama bocah ganteng didepannya(jiahahha... narsis abesss..). "pak palembangnya dimana?" tanya gw ke bapak angkuh untuk mencairkan suasana. dengan cuek dia menjawab seadanya " di lemabang" lalu dia membaca kembali. sialan banget tuh orang maki gw dalem hati, gw pengen banget bilang kalo gw mau minta tolong diurusin biar bisa berangkat malam itu juga. "ada urusan apa pak di Palembang?" gw memulai pertanyaan baru berharap bisa ngobrol lebih jauh ama si bapak angkuh, " biasa.. bisnis.." jawab si bapak dengn nada cuek dan ogah-ogahan. wadowh... gagal lagi gw untuk biasa ngobrol-ngobrol ama tuh orang.

lima menit kemudian si mbak petugas bandara datang, " pak mari silahkan saya antar" dengan senyum dia berkata. si bapak pun langsung berdiri dan gw mengekor. Lalu si mbak berkata "mas nya tunggu disini dulu ya 10 menit nanti saya panggil" dengan nada santai si petugas bandara tersebut berusaha menenangkan gw. Gw hanya bisa pasrah dan kembali duduk di sofa yang empuk dan nyaman. berapa lama kemudian saya melihat ada lima orang pria yang sedang dijelaskan oleh petugas bandara kalau mereka ga' bisa terbang ke Surabaya kerena mereka telat dan pesawat sudah berangkat, lalu mereka pasrah dan rela untuk membayar biaya 75% dari harga tiket untuk berangkat besok pagi. "saya mohon maaf, bapak tidak bisa berangkat karena bapak sudah telat, lagi pula pesawatnya juga udah terbang" dengan wajah kecewa 5 orang pria tersebut hanya bisa pasrah.

Perasaan gw semakin ga' tenang dan panik, ternyata setelah lebih dari 10 menit si mbak petugas bandara belum juga dateng... dagdigdug jantung gw berdebar semakin kenceng, gw panik seada-adanya mengingat duit di dompet gw tinggal 40 ribu pas-pasan banget man!!. tiba-tiba gw merenung dalam hati gw menggumam " Ya Allah... apa dosa gw.. kenapa ini bisa terjadi (haha.. lebay)" tiba-tiba gw menyadari apa salah gw(sebuah renungan yang memberikan pencerahan), dimana gw suka boong ama bokap gw, gw suka minta kirim duit buat beli buku dan fotocopy tapi duitnya malah gw pake buat bersenang-senang. oh God... gw sadar kalo gw salah...

lamunan gw dikagetkan ama bunyi handpone gw yang berdering, ternyata abang gw di Palembang yang menelpon " Ri, kau jam berapo nyampe?" hmmm... gw kembali panik dan tegang mengingat si petugas bandara ga' kunjung datang. Gw berusaha tenang dan bilang ke abang gw kalo pesawat di delay satu jam. sekarang udah jam 19.20 WIB di jam tangan gw, gw mulai semakin panik andrenalin gw semakin tinggi. Akhirnya gw keluar dari excecutive lounge menuju bagian boarding pass untuk mencari mbak petugas bandara yang nyuruh gw nunggu tadi.

Akhirnya pencarian gw berhasil, gw menemukan si mbak petugas bandara tadi lagi asyik ngobrol ama pacarnya di hp, terdengar suara manjanya ama si pacar "Mas, katanya kemaren mau jalan tapik kok kamu ngga' datang ci..." anjrittttttttttt.... darah gw semakin mendidih, kesabaran gw udah habis dan emosi gw udah pada puncaknya. langsung aja gw hampiri dan marah-marah ke dia dengan sumpah serapah dan cacian gw tujuan ke dia, "gila lo ya... gw disuruh nunggu elo malah asyik di sini telpon-telponan...!!! pelayanan macam apa ini??!!! AN#*@!!!! gw udah out of control, marah-marah seenaknya sedangkan semua orang yang ada disana langsung melihat kearah gw.

dengan ketakutan si mbak mematikan hp dan manggiring gw ke ruangan kecil dan manggambil tiket gw lalu dia oper lagi ke temennya, "oke mas nanti saya urus" ujar si petugas, "pokoknya saya nggak mau tau!!! saya harus berangkat sekarang, kalian udah mempermainkan konsumen dan saya ga' puas ama pelayanan kalian!!! bentak gw kepada petugas, susana di sana semakin heboh dimana semua petugas pada sibuk ngurusin tiket gw, saling oper dan telpon-telponan ke bagian pemberangkatan di atas, "oke, mas bisa berangkat tapi harus lari-lari ngejer pesawat soalnya pesawatnya udah mau berangkat, mas langsung menuju ke gate 4" bisa lo bayangin ga'? dari bawah ke atas bandara Soekarno-Hatta yang cukup luas dan ramai gw harus lari-larian.

ingin rasanya gw teriak "yeaaaaaaaaaaaaah.... gw berangkat!!!!" kira-kira 10 meter gw lari di belakang gw petugas bandra mengejar gw sambil teriak memanggil"mas-mas... tunggu...!", "wadowh.. apa lagi ini?" tanya gw dalam hati, akhirnya gw berenti dan si petugas menghampiri gw. "mas..." dengan nafas ngos-ngosan si mas bilang "Mas.. belom bayar airport tax 30 ribu" gubrakkkk.... gw yang lagi panik dan terburu-buru jadi lupa untuk bayar airport tax. akhirnya gw kembali lagi bayar airport tax ke petugas bandara. Lalu gw lanjut lari-lari lagi ditemenin mas-mas petugas bandara yang menunjukan arah ke gw, sepatu gw yang lepas mulu pas gw lari gw pegang aja, jadinya gw kaya' anak kampung alias lari-lari tanpa alas kaki.

"sorry mas" gw minta maaf sambil lari pas gw nabrak orang didepan gw yang lagi ngetik sms (lagian udah tau orang suka buru-buru eh... dia malah smsan di tengah jalan... bedon lu!!), tas sandung gw pake acara putus lagi tali nya, semakin ribet dan heboh lah gw lari-lari ngejer pesawat. "lewat sini mas" si petugas mengarahkan gw.

Akhirnya.... gw udah nyampe didepan pintu pesawat, si mas-mas tadi gw kasih 10ribu karena udah nganter gw(biasa.. suap menyuap yang mengakar dan belum bisa hilang dari budaya indonesia, kalo ga' pamrih dia pasti ga' mau bantuin gw). dengan nafas yang tersengal-sengal gw memasuki pesawat, gw liat dari depan sampe belakang semua kursi penuh, gw masih mencari-cari dimana tuh bapak yang angkuh dan brengsek tadi duduk, mau gw maki-maki dia rasanya. langsung saja gw dihampiri oleh pramugari yang cantik dan sexy "penuh ya mas.... hmmm... gini aja, gimana masnya duduk ama saya di depan" sambil tersenyum menggoda si pramugari jelita itu menawarkan solusi yang menarik. imajinasi gw udah semakin jauh..(huahahhaa... dasar mesum lo ri), tanpa bisa berkata-kata gw hanya mengangguk setuju, gw pun di giring oleh dua pramugari ke depan duduk di kursi tempat duduk si pramugari. tempat yang terpisah dari penumpang pada mumunya, di batasi gorden dan benar-benar privat, haha... gw yakin si bapak angkuh itu iri akan keberuntungan gw, haha....

45 menit perjalanan Jakarta-Palembang ga' kerasa man!! obrolan, canda tawa dari para pramugari seakan-akan gw berada dalam pesawat pribadi bersama selir-selir gw, haha... (hayalan mu nak...). Akhirnya jam 20.15 WIB gw sampe di Palembang. terlihat waja-wajah lelah sodara-saodara gw yang udah capek nungguin gw sedari tadi (sorry ma bro... ). inilah pengalaman gw terhadap dunia penerbangan di Indonesia, mungkin ga' semua maskapai penerbangan kayak gini, tapi kalo semuanya melakukan hal serupa akan banyak orang yang dirugikan.

pesan : jangan lo harap dengan lo terlambat kayak gw lo bisa duduk ama premugari kaya' gw, hahaha... siapa tau lo di taro di atas sayap ama mas cungkring dan teman-teman... hahaha... kiddin'


2 komentar:

  1. haha,..
    kenalin dong sama mbak pramugarinya,...

    BalasHapus
  2. ada yang beberapa seperti itu. tapi masih banyak yang pelayanannya ok kog.

    BalasHapus